Minggu, Agustus 17, 2008

Ospek Story Part One: INKM

Heeeiiiyyaaa~

Long time no see, readers!

Belakangan ini gw lagi sibuk. Sibuk ospek. N sekarang gw balik lagi bawa cerita tentang ospek gw di ITB. Institut terbaik di… Jl. Ganesha :p

Ospek di ITB disebut INKM, singkatan dari Inisiasi Keluarga Mahasiswa. Hari sebelum pembukaan, kita semua dibagi menjadi kelompok berjumlah sekitar 20 orang, terus bikin nametag dan peci dari karton duplex. U know lah, acara2 kayak gini mengharuskan kita bikin atribut yang aneh-aneh. Gak ada yang salah selama pembuatan nametag ini kecuali kenyataan bahwa kita harus pulang jam setengah 11 malem dan besoknya harus kumpul jam 6 pagi.

Pembukaan INKM dimulai setelah sholat maghrib. Ada aksi-aksi teatrikal dari panitia yang lumayan keren. Terus dilanjutin dengan peresmian sebutan baru kita, yaitu Konglomerat-Konglomerut, sedang sebutan bagi para panitia INKM adalah Jelata. Gak lama setelah itu, datanglah orang-orang berkaos hitam plus slayer yang nutupin hidung sampai dagu mereka, ngebentak-bentak kita gak jelas. Mereka adalah Aparatoriz, bagian dari panitia INKM yang bertugas mendisiplinkan angkatan 2008.

Selain Aparatoriz, ada juga Bramakarta yang bertugas mengamankan Konglomerat-Konglomerut. Mereka tegas, tapi gak suka ngebentak-bentak kayak Aparatoriz. Mereka mengatur jalur mobilisasi dari tempat ke tempat, dan bertanggung jawab atas keselamatan Konglomerat-Konglomerut sampai semuanya pulang ke rumah/kosan masing-masing.

Ada lagi bagian dari Jelata yang namanya Petrapijar. Yang ini baik. Tugasnya adalah ngebantu Konglomerat-Konglomerut, jadi penata kelompok (Taplok), dan ngasi kita info macem-macem, termasuk tugas selama INKM. Gw sangat beruntung mendapatkan Taplok yang *ahem* cantik. Oh,nggak, dia lebih dari cantik. Dia cantik dan seksi. Bodinya yang super curvy bikin cowok-cowok di kelompok gw jadi kayak kucing mau kawin. Daya tariknya semakin besar ditambah dengan mata yang, whoouu… bikin dada cowok dag-dig-dug-dhuer. Bulu matanya lentik menggoda. Denger-denger, selama pelatihan jadi panitia INKM dia selalu jadi rebutan cowok-cowok. Well, gak salah gw milih Bandung sebagai kota tempat gw kuliah!

Selanjutnya, ada lagi namanya Jagaragawi. Mereka adalah tim medis yang tugasnya memastikan gak ada peserta yang ambruk di tengah-tengah acara. Gak ada yang istimewa dari mereka. Lagian gw juga gak pernah berurusan sama mereka.

Ada lagi orang-orang berbaju coklat dengan tulisan Milienaria dan Mahalangit. Mereka adalah pengisi acara di INKM, terutama di OHU alias Open House Unit. Acara gelar Unit Kegiatan Mahasiswa di ITB.

Satu hal yang cukup menarik dari acara ini adalah Komandan Lapangan (Danlap) INKM selalu menyebut dirinya dengan kata ‘aku’, bukan ‘saya’,’gw’, atau ‘akika’, dan perkataannya selalu diputus-putus setiap satu atau dua kata. Begini contohnya:

AKU INGIN // MELIHAT // SEMANGAT // KALIAN!!

Atau

SETELAH INI /// KALIAN AKAN // DIMOBILISASI // UNTUK / SHOLAT MAGHRIB // BAGI YANG MUSLIM PUTRA // SILAHKAN // KELUAR // DARI PINTU /// SEBELAH KIRI AKU//// BRAMAKARTA // KONDISIKAN!

Agak terasa canggung karena kata ‘aku’ bukanlah kata-kata yang biasa digunakan di acara-acara yang diwarnai senioritas. Biasanya yang dipakai adalah kata ‘saya’. Well, why should I complain, after all? :p

Eniwei, ecara keseluruhan, gw suka acara INKM ini. Tanpa perploncoan, tanpa acara dikerjain sama panitia, tanpa penindasan (selain bentakan dari Aparatoriz tentunya, tapi itu juga sebenarnya memang perlu). Semua kegiatannya positif dan simbolik. Acara ini benar-benar menyadarkan kita tentang peran kita sebagai mahasiswa, kaum intelektual bangsa ini. Acara ini menyadarkan kita bahwa kita sangat mampu untuk membantu rakyat kecil keluar dari penderitaan mereka. Ada lingkar wacana, acara diskusi tentang apa yang bisa dilakukan mahasiswa untuk memajukan negeri ini. Hal-hal yang tadinya kita pikir selama SMA mustahil dilakukan, di sini tampak begitu dekat dan nyata.

Berorganisasi dan berkelompok sangat mudah dilakukan di kampus. Fasilitas kampus juga bisa kita gunakan tanpa birokrasi yang berbelit-belit. Gak ada yang melarang kita berkumpul membicarakan apapun juga. Sebagai mahasiswa seni rupa, gw berharap bisa bikin acara pameran atau festival seni untuk amal sebagai bentuk sumbangsih pada masyarakat. Sama sekali bukan hal yang sulit. Apalagi kami adalah mahasiswa ITB, Institut Terbaik Bangsa.

49 komentar:

tammi prasetyo mengatakan...

ciee institut terbaik bangsa
yah well..
hmm
inkm kalian udah selesai
psau sama psaf gue belum mulai!
baru orientasi belajar doang sama latian padus!

fragaria mengatakan...

ih kalo kata gue itb terlalu narsis ngaku2 institut terbaik bangsa, jgn sampe kita jadi sombong gara2 sebutan itu yah.

taplok lo yg mana sih, gw ga merhatiin....

seruuuu inkmnya ya! lucu bgt ngomongnya pake 'aku' :p
tpi kyknya sih kalo pake aku tuh emg kerasa lebih tegas merintahnya drpd pake saya. ya ga sih?

nugraha adi putra mengatakan...

wah.. jadi horor..
hihi..

mantap dah lue tung.. mahasiswa nie yee..

hihi,..

Luthfi mengatakan...

Wow kayaknya menarik nih Ospeknya

Upload gambar taplok lo donk, pengen liat nih..

Shintung mengatakan...

wow,...

gw kira ospek2 itu mengerikan..

ternyata..

emank iya sih..buktinya disuruh pulang jam segitu..
gw sih udah masuk angin duluan paling..

~Agi~ mengatakan...

ooo iya atribut makin aneh bearti panitia ospeknya makin kreatif....

dukung panitia ospek
(secara gw panitia ospek jg bentar lg)

tiarakami mengatakan...

boleh dong narsis, secara kita emang berada di Institut Terbaik Bangsa.
lo mesti tau kalo anak sipil lebih narsis lagi. waktu gw touring ke situ, mereka ngaku bahwa mereka adalah "HIMPUNAN TERBAIK DI ITB"
gilaaaa narsis abis...
btw, taplok gw juga ganteng bangeeeett
gw jadi semangat ikut n gak mau sakit. hahaha. biar bisa liat dia terus

fragaria mengatakan...

@tiara
wah... hahahah, dasar narsis2 anak itb (gw juga dong?). termotivasi oleh yg ganteng2, ti? heheh... sama aja kyk gw :P jdinya pas inkm udh beres :(

eh sori ya komennya dobel gini, hihi

kiiiluthuajah mengatakan...

ahh.. gw mw INKM truss nii..
bramakarta nyaa byk yg cakep2..
huhuuu..
taplok gw bocor abiss..
ayoo INKM lagiii..
hihihi..

Anonim mengatakan...

cuma mo ngoreksi...
jelata ntu sebutan buad danlap
setiap panitia punya nama masing2..
trus taplok = tatib kelompok
trus yg bener tuh milioneria
itu yg gw tau lo.. :p

smoga bnr2 bisa terlaksana deh acara amalnya.. amin

taplok lo namanya siapa??
btw, gimana clossingnya?? keburu kabur gw.. :p

jeni mengatakan...

baru part one, berarti ada lanjutannya ya?
ayo donk lanjutin, kayanya seru bgt ospek lo.!
*sedang mencari tau gambaran ospek, blm dapet ni T T*

saya la u rra :) mengatakan...

hahaha itb institut trbaik bangsa ?
baru tau . buknnya trbaik di jl ganesha ? haha

Kal mengatakan...

Thanks, udah ikut InKM 2008. Tetap semangat dan jangan lupain apa aja yang udah didapat di InKM yah.

Untuk Tuhan, bangsa, dan almamater.

_salah seorang anggota BRAMAKARTA

Slugger mengatakan...

halo bos!!!

kopdar yuu.....

Republik Gaptek mengatakan...

KEren Banget Ospeknya..Yang kayak gini nih yang mendidik..

Enno mengatakan...

titip pesen ya.. kalo ketemu yang namanya Ijul alias Slugger, tolong jitakin ya... makasiiih hehehe ^^

Pesut Amphibi mengatakan...

OSPEKnya keren, acungin jempol dah =P

btw, OSPEKnya per-fakultas ato 1 kampus OSPEK barengan?

maklum, gak ikut OSPEK, huhuhu

Gabriel Latupeirissa mengatakan...

Dear Patung Pancoran yang ternyata seangkatan sama gw. Lu dari Jakarta y? SMA mana? Kemaren gw juga ikut USM ITB yg gelombang ke2. Tapi g lolos. Hiks. Tapi keterima di Binus University, yang gw denger2 DKVnya terbaik se-Indonesia. Hehe. Ranking 1 lho pas tes. Hehe. Pamer.
Temen gw juga ada beberapa anak FSRD ITB, Denissa kenal g? Ato g Jawa (nama aslinya Reska)?
O, iya Patung Pacoran salam kenal y. God bless u.
Nyong Gabriel Latupeirissa.

anastasia mengatakan...

waaaa...
ITB...
aku pengen masuk disana...

salam kenal

za mengatakan...

ciee,,,Institut Terbaik Bangsa..
narsis amaatt....~~
gw jadi pengen masuk ITb deh kalo banyak yg cakep....^^
hOooo...~~~~~~

raze_namikaze mengatakan...

Hohoho kita satu kampus bro, kamu jurusan apa ??

Ketemuan yuk, ama slugger juga. banyak juga blogger di bandung yee

aclit mengatakan...

makasih2

cena mengatakan...

jieeee...di bandung toh...congrats ya, akhirnya ketemu lw juga....
yang waktu kopdar pake fedora rite?
salam kenal

Anonim mengatakan...

SUMPAH YA, SIAPA SIH LO? KETUA ANGKATAN SR 2008?? GAK USAH BANGGA LAH MASUK ITB, BUKTIIN LO BISA SURVIVE DULU DI DALEM, MASUK DOANG MAH GAMPANG MAS, UJIAN SEBENERNYA ITU PAS LO DI DALEM, BUKAN DI USM..

GUA PENGEN KETEMU MUKA LO! DASAR BERANINYA SHOW OFF DI BLOG DOANG! APAAN TUH PUTRA PUTRI TERBAIK BANGSA, TAIK LAH, KALO LO BELUM NGASIH KONTRIBUSI KE MASYARAKAT GA USAH BANYAK OMONG DULU LAH..

Anonim mengatakan...

oh iya lupa. kita tunggu di senirupa ya dek?

kita mengatakan...

wahh..sebentar lagi kita bakal ngospek jyga nih..

muahahaha!!!mati kau junior!!

Anonim mengatakan...

lebay.

Maudi mengatakan...

seru juga ya. namanya aneh2. ada ceplok eh caplok eh apa itu?

diana bochiel mengatakan...

halun..anen...
hehehe

kita kita mengatakan...

TULISAN2nya LEBAY. KAMPUNG. NORAK. UDAH SOK SENIRUPA.

arkasha mengatakan...

dasar cowok. taploknya yang diliat begituannya juga.

Anonim mengatakan...

ga usah banyak omong kalo masih blom bisa nepatin janji. lu masih baru d dunia perkuliahan. gw maklumin euphoria lu. jangan bangga jadi anak itb. itb bukan seni rupa.

Anonim mengatakan...

EH BANCI! BANYAK OMONG LU! SENI RUPA BUKAN TEMPAT BUAT NGEBACOT! TAPI BERKARYA! JANGAN NGEMENG DOANG LU!

Anonim mengatakan...

busuk
banyak omong

Anonim mengatakan...

WAHAHAHAHAHAH.. baru juga masuk uda digituin.. makany masuk sbm aj g ribet. cewekny jg cantik2 ko mas,eh situ normal kn?

miTadRiani mengatakan...

Intitut terbaik bangsaa??
Amiiinn..

Anonim mengatakan...

haha
banci
masa kencing di clana pas masuk ke
SENI RUPA
ahahahahahahahaha
masukin k blog dnk crita2 cupu lo 2 mnggu ini
ahahahahaha

budiernanto mengatakan...

loh loh? anonim siapa run? kok kayanya lo ada affair sama dia, lo tolak cintanya ya?

hahaha, baru kuliah udah ada musuh, berarti antara lo ada salah kalo ngga dia sirik sama lo..

anonim ga baik ah ngomong sambil ngumpet2, langsung ketemu aja sama yang punya blog ini, kan jadi enak..

orang bandung kan harusnya santun, apa anonim bukan orang bandung?

inda mengatakan...

WADUH........

budi kalo naksir sma anonim to the point aja. pedekatenya jangan lewat komennya patung... hahaha

hm2 atau anonim naksir yah sama patung??? nama aslinya patung itu anonim..

mm, kalo namanya anonim siapa?? ehueheuheueheu. ntar kenalannya pake nama aja.. jangan anonim.
*aduh pusing.. kebanyakn anonim hehe

buat patuuung!!! wa wa wa lo eksis ya kayanya... ahahaahah.

raze_namikaze mengatakan...

Wkwkwkwkwk ribut banget si anonim, bikin jelek blognya orang ajah. LO ada affair ama si anonim yee. Cheers

Kopdar yuks, gw belom ketemu ama elo n ririn

bintang mengatakan...

mantab dah bisa kuliah di sono...
ospeknya keren tanpa plonco-plonco..
gud lak dah !!
ada postingan baru nih,,komennya ya...thx

miTadRiani mengatakan...

wow ospek!
buat cowok mah gw yakin..
ospek = saatnya tepe tepe..

tandodol mengatakan...

haha institut terbaik bangsa
ntar gua juga ITB ah..
Institut Tambal Ban

mellovegood mengatakan...

pengen sih itb. tapi udah ga mungkin duluan hiks.

muhammad rizqy anandhika mengatakan...

jgn lupakan lah ya yg udah lo dapetin di inkm (termasuk taplok cantiknya ..hehe).slm kenal yah..

Shintung mengatakan...

aahh...

kakak harunn...

spertinya terjadi keributtan disini yah..
mungkin krn itu loe hiatus..

ada banyak anonim yg neken loe gitu..

yo wis lah...

loe buktiin aja kalo loe bisa!

ucii AUTISH mengatakan...

jiejie institut terbaik bangsa ..
pengen cpet2 masuk sana, amin.

ospeknya seru y?
kk uci kmaren jadi swasta (ga penting)

eta anonim, serem euy.
tetep smangat y !

ryuji_shingo mengatakan...

apapun yang terjadi,


bukan, gw ga nyuruh lo minum teh botol sosro


apapun yang terjadi,


nggak, gw juga ga nyuruh lo buat makan mentos


yah, setelah apa yang terjadi, kita cuma bisa menatap ke depan untuk merencanakan langkah kita berikutnya dan jgn lupa menengok ke belakang buat instrospeksi kesalahan kita dan memperbaikinya.

you can always fight in a different road, so don't be down okay? nah skrg cepet posting postingan baru, mumpung ga ada yg neken lagi wkwkwkwkwk (atau jangan2 malah makin diteken ya run? I wonder...)

DwikJohn's mengatakan...

wah juadi makin pengen cepet2 masuk ITB..
rupanya OSPEKnya damai ya..

moga2 taun depan gw bsa disana...aminn..