Rabu, Februari 25, 2009

Hidup di Zaman yang Salah

Untuk kesekian ratus kalinya jari telunjuk gw memencet tombol arah bawah dan kanan dari keyboard gw. Mata gw gak bergeming dari layar laptop gw. Sambil meluk bantal, gw asik baca mangascan. Mangascan dari manga yang mulai dibuat sepuluh tahun lalu dan sudah tamat sejak entah kapan tau: Love Hina.

Okay, call me pervert or anything. Memang begitulah adanya Gak bisa dipungkiri, Love Hina emang penuh dengan adegan ecchi dan memang itulah salah satu faktor yang bikin manga itu jadi menarik, tapi terlepas dari itu, kekuatan cerita, karakter, dan artwork yang dahsyat dari Ken Akamatsu emang luar biasa.

Ngebaca Love Hina bikin gw guling-guling di lantai, meluk guling lebih erat, dan garuk-garuk tanah. Gw iri setengah mati sama Urashima Keitarou yang dikelilingin cewek-cewek cantik dan semuanya suka sama dia... dengan caranya masing-masing. Udah hampir 700 hari gw ngejomblo, dan gw desperately wants a girlfriend. Somewhat freak, but it’s honest.

Tapi gw yang sekarang terlalu payah(dan rendah; dari segi tampang, penghasilan, sampai IP) untuk dapet pacar. Teman-teman gw menasehati gw untuk sabar(which means mereka secara gak langsung membenarkan statement gw tentang diri gw itu). ‘Kalo jodoh gak kemana’, gitu kata mereka. Dan mereka benar. So, forget what I said di paragraph sebelumnya, okay? (Lah, terus ngapain ditulis??!!!)

Eniwei, thanks to Mas Boby yang udah mau gw rampok isi komputernya sehingga gw bisa menuntaskan salah satu impian gw, baca Love Hina sampai tamat. à cetek amat?!

Puas baca Love Hina sampai tamat, gw sekarang lagi asik baca masterpiece-nya Nobuhiro Watsuki, Rurouni Kenshin, atau orang awam lebih mengenalnya dengan judul Samurai X(judul versi Amerika; karena Kenshin punya bekas luka berbentuk X di pipinya?? What a lame of naming...). Sampai tadi gw masih asik baca Rurouken di Psi Comics. tapi gw harus berhenti sejenak karena volume 12-nya gak ada(dammit!). Well, ntar aja lah gw cari di sini.

Ngebaca Love Hina dan Rurouken bikin gw dihinggapi perasaan aneh. Ada perasaan nostalgia, seperti menemukan kembali sesuatu yang lama, tapi juga ada perasaan kayak berhadapan dengan sesuatu yang baru. Sesuatu yang hebat. Sesuatu yang gak dibikin sembarangan. Sesuatu yang punya konsep, yang dibuat dengan pemikiran yang dan studi yang mendalam terhadap berbagai hal.

Gw menghabiskan sebagian besar masa hidup gw di abad 21, bahkan gw puber di millennium ketiga ini, tapi selera gw, baik komik maupun musik, seperti tertinggal di abad 20. Dekade terakhir di abad 20 begitu membekas di hati gw. Gw suka Nike Ardilla, Gigi waktu Armand Maulana rambutnya masih gondrong kayak Dimas Djay, Natalie Imbruglia waktu rambutnya masih pendek, The Moffats, Backstreet Boys, dan sebagainya. Gw suka Rurouni Kenshin, BT X, Legend of Condor Heroes, Kera Sakti, TV Champion dan lain-lain. Semuanya ada di dekade 90-an. Itulah masa-masa gw merasa benar-benar hidup, merasakan segala sesuatunya baru, indah, dan berwarna. Apa-apa yang datang setelah tahun 2000 buat gw terasa kering, hambar, dan lemah, gak seperti dulu.

Gw ngerasa mungkin harusnya gw lahir di tahun 80-an dan melewati masa muda gw di era 90-an. Puber, pacaran untuk pertama kalinya, SMP, atau mungkin juga SMA di dekade 90-an. Karena apa-apa yang ada di dekade itu begitu mengena di hati gw. Sayang sekali waktu itu gw bahkan belum lulus SD. Gw masih bocah ingusan. Gw gak bisa menikmati semuanya dengan sepenuhnya. Gw merasa hidup di zaman yang salah.

Tapi apapun yang gw lakuin, gw gak akan bisa balik lagi ke masa itu. Biarlah dekade terakhir abad 20 itu jadi berharga karena gw melewatinya saat gw masih hijau. Saat gw masih pakai celana merah pendek ke sekolah. Saat rambut gw masih lurus, gak keriting kayak sekarang. Saat gw masih belum tahu apa-apa. Mungkin itulah yang bikin era 90-an jadi punya tempat yang penting di hati gw.

Ngomong-ngomong, abis baca Love Hina gw jadi bertanya-tanya, benarkah orang yang sedang sungguh-sungguh mengejar impiannya itu terlihat keren? Urashima Keitarou bekerja keras untuk masuk Universitas Tokyo demi janjinya pada seorang gadis 15 tahun yang lalu, yang bahkan dia sendiri sudah lupa namanya. Meskipun sehari-harinya ia terlihat bodoh, tapi kesepenuhhatiannya dalam berusaha menjadikannya terlihat keren di mata para penghuni Hinata-Sou. Berkat itu pulalah ia berhasil memenangkan hati Narusegawa Naru, pujaan hatinya.

Eniwei, Readers, sesuai dengan janji gw sama si Inda, gw akan masukin foto-foto tugas kuliah gw. Semoga dengan ini bisa bikin Inda makin semangat buat masuk FSRD ITB. One thing u should know, Inda: SR ITU KERAS, BUNG!

Here we go:

Nirmana 2D




Bukan, itu bukan kupu-kupu. Ini tugas komposisi daun. Gw dapet 73


Karena gak rapih, gw cuma dapet 60 di tugas ini :p


Gw berharap ini bisa bagus, tapi ternyata cuma nyampe 75


UAS; entah kenapa nilai gw dapet 90



Nirmana 3D

Itu semua dibikin dari kertas(kecuali objek yang paling dekat dengan kamera ini). Gw dapet 77 di tugas ini.


Sedotan disulap jadi begini.

Gak bisa dibandingin sama karya temen-temen gw di foto sebelumnya. Ini, stelah gw modif cuma dapet 55.



Gambar Bentuk


1/4 bagian gambar gw pas tugas landscape.

Ini dia model matkul gamtuk... yang sebelah kiri, pake jaket abu-abu


Ini juga model gamtuk. Yang satu ini rada eksibisionis, suka pamer penis.



Gambar Konstruk


Bayangan dan arsir.



UAS gambar konstruk: menggambar mesin pintal. Digambar dengan cara yang sama dengan foto sebelumnya.


Lain-Lain


Media: ink on paper


Bukan, ini bukan tugas kuliah. Itu si Yudo lagi ngambil bola yang nyangsang di atas sana.



10 komentar:

Benakribo mengatakan...

gilaaa keren banget tugas2nya asik abis .. itu udah keren2 masa cuma dapet 60 ama 75 ? parahh .. yang aneh malah 90 auheauheuah susah ya kalo mau bagus, bingung!

bebexter mengatakan...

Waaaaaaa.. Fsrd tugasnx kayak begituan ya? Waaa jd pengen. Tp gk boleh ma mamah..

nugraha adi putra mengatakan...

kalo dipikir2 iya juga sih.. gw merasa apa yang keluar setelah tahun 2000an tidak ada yang berbekas dihati yah..

eniwei tugas loe keren2 yah.. tuh standarnya berapa? tinggi banget kayanya? gambar2 loe yang bagus gitu cuman dapat 75an doank..

Ardhn Mohammed mengatakan...

Gilaaaaaa!!!! Keren!!! Asik bgt ya jadi anak FSRD!!! Mantep2!

Unknown mengatakan...

speechless... *.*

komentar nyokap : "tuh bener. kamu harus tau dari sekarang. sekalian mesti cari cari yang lain. jangan terpaku ke fsrd" dan artinya saya kurang diridhai untuk masuk fsrd T.T

tapi gue bener2 tertarik ngeliat tugas2 lo! asik2 gitu! cuma yang gue takut itu penilaiannya. bingung juga.. gimana supaya dapet bagus. kan setiap orang nilainya beda2.. jadi seenak dosennya dong mau ngasih nilai berapa...

anyway, thanks banget ya! :D

harunsaurus mengatakan...

@bena
iya. gw selalu merasa sampah banget kalo ngeliat tugas temen-temen gw yang ajib

@dephay
hohoho... rupanya menurut lo begadang buat ngerjain tugas itu asik ya...

kenapa gitu gak boleh? apa nyokap lo gak tau kalo dalam beberapa tahun ke depan, yang menjadi lokomotif perekonomian indonesia(dan bahkan dunia) itu industri kreatif?

tahun 2008 kemarin aja nilai pasar ekonomi kreatif udah sampai 82 triliun.

coba suruh nyokap lo buka n baca beberapa link di bawah ini:
http://www.madani-ri.com/2008/11/06/harapan-itu-bernama-industri-ekonomi-kreatif/
http://industrikreatif-depdag.blogspot.com/
http://donnybu.blogdetik.com/2008/12/23/kilas-industri-kreatif-indonesia/
http://www.detikfinance.com/read/2008/08/23/111220/993150/5/nilai-pasar-rp-82-triliun-industri-kreatif-belum-tersentuh-perbankan

@adi
gambar gw jelek kali... temen-temen gw tuh yang edan pisan gambarnya.

@ardhn
yoi. mau?

@inda
dosen juga punya standar buat ngasi nilai. nilai kita didapat dari proses analisis. misalnya, di karya kita tuh harus rapih, terus komposisinya harus bagus, permainan warna menarik, ada irama, arah, gerak, aksen, dsb.

Unknown mengatakan...

kalo gitu lo mending bikin tugasnya yang menurut lo aneh aja, yang pertama kali muncul di benak lo, mungkin itu justru potensi lo dari situ

Yuni mengatakan...

wah itu amanda putri ya? hehe salam ya kl ketemu..
btw ada tips n trick tes fsrd itb ga?maklum gak ikut les apa2 nih, waktu tinggal seminggu lagi pula

Anonim mengatakan...

saya tertarik dengan foto kedua dr bawah.,.,.

Sabila K. mengatakan...

wueeeeee beratkah?
ga apa demi fsrd itb! ahahahahaha. minta doanyaaa... hehehe