Kamis, November 27, 2008

Keseimbangan

Ambillah sebuah bilangan bulat nyata selain 1 dan 2 (3,4,5,...), berapapun itu. Sebagai contoh, ini gw ambil angka 10.

Terus, coba bagi angka itu jadi dua bilangan yang kalau dijumlahkan hasilnya adalah bilangan tersebut. Maksudnya? Begini:

1 dan 9
2 dan 8
3 dan 7
4 dan 6
5 dan 5

kebalikannya gak perlu gw tulis karena hasilnya akan sama.

Dari kelima pasangan angka itu, manakah yang jika dikalikan hasilnya paling besar?

1 x 9 = 9
2 x 8 = 16
3 x 7 = 21
4 x 6 = 24
5 x 5 = 25

Ternyata yang paling besar adalah 5 x 5. Dengan begini, kita bisa menyimpulkan bahwa sebuah bilangan bulat nyata yang dioperasikan dengan cara seperti diatas mencapai hasil terbesar saat bilangan tersebut dibagi dua sama besar, atau dengan kata lain, seimbang.

Itu dia kata kuncinya, keseimbangan. Segala sesuatu akan mencapai hasil terbaiknya saat sesuatu tersebut berada dalam keadaan seimbang, tidak berat sebelah, dan proporsional.

Entah gw berlebihan apa nggak menggunakan frasa 'segala sesuatu' di paragraf tadi. Yang pasti, yang gw tau adalah Allah selalu menciptakan segala segala sesuatunya dengan prinsip keseimbangan. Keseimbangan merupakan sifat yang ilahiah, yang meliputi segala sesuatu di alam raya ini. Keseimbangan adalah bukti valid dari kekuasahan Sang Pencipta Yang Maha Adil.

"Dia yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi, niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itu pun dalam keadaan payah." (Q.S. Al Mulk : 3-4)

Sedikit cerita, motor gw abis jatoh dan sekarang stang-nya agak miring ke kanan. Seketika itu juga, motor gw langsung gak enak dipake. Ini adalah salah satu bukti bahwa ketidakseimbangan akan membuat sesuatu menjadi buruk, tidak enak, tidak baik, dsb. pokoknya negatif lah.

Sedikit banyak, kita pasti punya setidaknya satu sisi kehidupan kita saat ini yang tidak seimbang. Entah itu pola hidup kita yang terlalu sibuk atau terlalu santai, sifat kita yang terlalu perasa atau terlalu cuek, terlalu cinta sama pacar atau kurang perhatian sama pacar, terlalu sering internetan atau terlalu jarang buka(dan mengupdate) blog, terlalu 'otak kiri' atau terlalu 'otak kanan', dsb. Apapun itu, ketidakseimbangan bukanlah hal yang baik.

Kita perlu mulai menyeimbangkan seluruh aspek kehidupan kita. Seimbang antara work hard dan play hard, seimbang antara belajar dan berorganisasi, seimbang antara otak kiri dan otak kanan, seimbang antara pacaran dan selingkuh. Oh, nggak, yang terakhir itu becanda :p

Eniwei, intinya, mari kita saling mengingatkan untuk menjaga keseimbangan dalam setiap aspek kehidupan. Kenapa frasa 'saling mengingatkan' gw cetak miring? Karena kita sering tidak seimbang antara ingat dan lupa. Biasanya banyakan lupanya.




Btw, setelah sekian lama hiatus dari deviantart, akhirnya gw nge-submit karya lagi!
Klik di sini buat ngeliat karya-karya gw!

12 komentar:

Lynn mengatakan...

yeps. hidup seimbang supaya jadi lebih baik~ ampun deh, masa gw banyakan maennya daripada belajarnya. gak balance abis.

Shintung mengatakan...

wew..

ampun deh , run.. Habis masuk kuliah tulisan loe jadi dalem banget..haha..

iya nih.. Gw gak seimbang, makanya kepala gw miring ke kiri mulu *gaknyambung*

nugraha adi putra mengatakan...

Yupz bener banget.. hidup harus selalu seimbang.. eniwei postingan loe sekali lagi bikin gw makin horor ama yang namanya kuliah. sepertinya menderita sekali kuliah itu.. haha, terbukti dari banyak blogger yang hiatus setelah resmi jadi mahasiswa

kita mengatakan...

hmm..hmm..

*angguk2 baca postingan yang ni..*

*geleng2 ngebayangin diri ndiri..*

hehehe..

Pesut Amphibi mengatakan...

Untung menyeimbangkan diri sih, sebenarnya gampang: Ibadah.

Nah, melaksanakannya yang sulit, termasuk buat gwa, LOL.

presyprezl mengatakan...

mau lebih seimbang otak kanan dan kiri lo ?? coba rambut lo dibelah tengah aja.. *ngawur*

seimbang..yah bagus si..makanya terkadang cowo cakep cewenya biasa aja.. atau cewe cakep tapi cowonya ga banget.. hhhH Tuhan memang adil sama umatnya..

kuchikuchi mengatakan...

Filosofi yang bagus.. Perumpamaan pake angka itu really makes it easy for me to understand, berhubung gw cenderung ekstrim make otak kiri :D

fragaria mengatakan...

*qoute*
Karena kita sering tidak seimbang antara ingat dan lupa. Biasanya banyakan lupanya.
*quote*

hah! iya... bener banget. terimakasih ya sudah mengingatkan!

ucii AUTISH mengatakan...

bener bgt! seimbang. lebih tepatnya lagi seimbang jasmani, akal, dan nurani *halah*
tulisannya rada berat euy :p

krismansyah mengatakan...

yayayaya.
saya akan berusaha hidup lebih seimbang lagi. Malam berjudi dan paginya tobat. Loh?!

Benazio R.P mengatakan...

cie sekarang kata2nya sok bijak begini hauehauehuh

raze_namikaze mengatakan...

Iyah gw udah selalu berusaha seimbang, yaitu dengan cara makan lewat mulut yang pas ada di tengah, ga lewat kuping yang ada di kiri ati dikanan hehe

Bener banget tuh BALANCE IS IMPORTANT