Rabu, Juli 30, 2008

Nonton part 1: Review The Dark Knight

==WARNING: SPOILER AHEAD!!==

Kemaren gw baru aja nonton The Dark Knight di fX. Sekarang, gw mau bikin reviewnya. Sebelumnya, bagi yang belum nonton dan gak suka spoiler, gak usah baca review ini karena mengandung sembilan bulan spoiler yang mungkin bisa mengurangi surprise effect dari film ini. Eniwei, here we go:



Ayo senyum...


Film Batman ini sangat jauh berbeda dibanding film-film Batman sebelumnya. Kalau di film-film sebelumnya Batman digambarin sebagai seorang pahlawan kota Gotham yang dicintai rakyatnya, maka di sini Batman digambarin sebagai seorang pahlawan yang melanggar hukum secara serius karena mengadili para penjahat dengan semena-mena. Bahkan sebagian orang setuju bahwa Batman seharusnya masuk penjara karena perbuatannya itu.

Selain penggambaran Batman yang lain dari biasanya, musuh bebuyutan Batman, Joker, juga digambarin dengan sangat berbeda. Lebih jahat, lebih kejam, lebih dingin, lebih psikopat, namun masih dengan jargon lamanya, “Why so serious? Let put more smile on your face!” Lalu dilanjutkan dengan merobek mulut korbannya dengan pisau, agar korban itu selalu ‘tersenyum lebar’.

Joker tidak tertarik dengan uang. Dia bahkan membakar semua uang hasil transaksinya dengan mafia kliennya. Joker hanya ingin membuat kekacauan dan menebarkan kejahatan degan caranya sendiri. Cara yang sangat gila, penuh ledakan, dan penuh pergulatan jiwa pada korbannya, yang mana hal ini sering membuat seseorang terdesak dan berubah menjadi kriminal.

Ada pula Harvey Dent, jaksa wilayah sekaligus calon walikota Gotham. Ia adalah pahlawan bagi kota Gotham seperti halnya Batman. Hanya saja, dia tidak mengenakan topeng. Ia dikenal. Ia adalah Ksatria Putih sementara Batman adalah Ksatria Kegelapan. Ia telah memenjarakan setengah dari penjahat di kota Gotham dengan cara yang legal. Dia adalah harapan bagi kota Gotham dan, karenanya, target bagi Joker.

Selain pertarungan Batman-Joker yang penuh dengan adegan action. Sisi dramatis dari film ini juga disajikan dengan baik. Rachel, kekasih Bruce Wayne, menyerah untuk menunggu saat-saat dimana Batman tak lagi dibutuhkan. Bruce, yang merupakan sahabat karib Harvey, demi cintanya pada Rachel, mendukung sepenuhnya Harvey untuk menjadi walikota Gotham agar tiba masa dimana Batman tak lagi dibutuhkan. Sementara itu, Harvey juga mencintai Rachel setengah mati. Rachel tidak naïf. Ia tahu Batman akan selalu dibutuhkan oleh Gotham. Maka ia memutuskan untuk menikah dengan Harvey.

Hal ini dimanfaatkan Joker. Setelah berhasil membunuh Rachel dan berhasil menumpahkan kesalahan pada Komisaris Polisi Gordon dan Batman, ia memainkan emosi Harvey dan mengubahnya menjadi seorang penjahat berdarah dingin: Two Face.

Joker ingin membuktikan bahwa orang yang paling baik sekalipun dapat jatuh dan berubah menjadi seseorang yang sangat kejam. Untuk itu, ia memasang bom di tubuh kapal berisi warga sipil dan satu lagi di kapal berisi narapidana. Tepat jam 12 malam, kedua kapal itu akan meledak, kecuali salah seorang di kedua kapal itu menekan tombol yang jika ditekan akan menghancurkan kapal satunya dan menyelamatkan dirinya beserta penumpang di kapal yang ditumpanginya.

Selain adegan action yang superkeren, peralatan dan kendaraan Batman yang baru juga sangat keren. Kostum baru, mobil baru, dan motor baru. Semuanya membuat Batman mampu melakukan aksi-aksi mendebarkan.

Sinematografi film ini digarap dengan sangat menarik. Pengambilan gambar yang bagus, adegan-adegan action yang keren, dialog-dialog yang sarat makna, hingga efek suara yang dramatis mewarnai film ini.

Film ini mengajarkan kita arti kepahlawanan sesungguhnya, dimana kadang berbuat baik saja tidak cukup. Butuh lebih dari tindakan yang benar untuk menciptakan keadilan.

Terakhir, berapa nilai untuk film ini? Well, kalo untuk Kung-Fu Panda gw akan dengan senang hati memberikan lima dari lima bintang untuk film animasi itu, untuk film Batman gw akan memberikan… enam. Enam dari lima bintang. Film ini terlalu keren.

3 komentar:

Shintung mengatakan...

oomm...

bokap gw kakinya masih retak.
lom sembuh..

jadi gak da yang bisa diajakkin nonton.
pdhal pelem2 lg seru2nya nih!!!

batman!
tunggu akuuuuuh!!!!!!!!

raze_namikaze mengatakan...

Ekstrim banget yah nge rating, tapi bener kok. The Dark Knight keren banget, cihui deh pokoknya

tandodol mengatakan...

liat di imdb dong..
ngalahin the godfather!!