Sabtu, Juli 19, 2008

We Are Saiyans

"What doesn't kill you will makes you stronger."


Itu adalah kata-kata dari Friedrich Nietzche, seorang filsuf dari Jerman. Menurut gw, kata-kata ini sangat powerful dan bener banget. Setelah kita melewati sebuah peristiwa yang berat, kita akan jadi jauh lebih kuat. Lebih tabah, lebih bijaksana, dan lebih mudah untuk melupakannya setelah kejadian berat lainnya berlalu.


Seperti mandi air dingin, guyuran yang paling dingin adalah yang guyuran pertama. Guyuran berikutnya, meskipun masih dingin, nggak akan terasa sedingin sebelumnya. Kita semakin kuat dari hari ke hari, dari peristiwa ke peristiwa. Kita semakin kuat.


Akira Toriyama punya gagasan menarik tentang hal ini yang beliau tuangkan dalam komik Dragon Ball. Bangsa Saiya(planet asal Son Goku dan Bezita) adalah bangsa petarung. Mereka memiliki keunikan yang membuat bangsa ini menjadi bangsa petarung terkuat dan paling potensial di alam semesta. Mereka memiliki kemampuan untuk menjadi lebih kuat setelah terluka parah dan mendekati kematian. Semakin mereka mendekati kematian, semakin besar kekuatan yang akan mereka dapatkan setelah mereka pulih.


Seperti kita.


Ya, seperti kita, manusia bumi. Gw jadi inget potongan lirik lagunya Sherina:


Setiap manusia di dunia

Pasti pernah sakit hati

Hanya yang berjiwa satria yang mau memaafkan


Sakit hati. Kita semua pernah mengalaminya. Putus sama pacar, dikhianati teman, dikecewain penjual, ditilang polisi, didamprat guru, dimarahin orang tua, mainan tersayang rusak/hilang, dsb. Kita semua pernah mengalaminya. Dan semua itu menjadikan kita semakin kuat. Mengikis sifat naif kita. Membuat kita lebih siap menghadapi dunia yang akan sering mengecewakan kita.


Tuhan tahu itu.


Makannya Dia membuat skenario sedemikian rupa. Kita dikecewakan lebih dulu dengan kejadian-kejadian itu.


Karena Tuhan Maha Penyayang.


Dia mengulangi ujian-ujian yang kita gagal melewatinya: Ujian kejujuran, ujian kesabaran, ujian hawa nafsu, ujian kedisiplinan, ujian kesetiaan, ujian kedermawanan, ujian memaafkan. Dan segunung soal-soal ujian lainnya.


Tuhan tahu, setelah kita melewatinya, kita akan lebih kuat. Seperti orang Saiya yang menjadi lebih kuat setelah mengalami luka parah pengalaman mendekati kematian.


Orang Saiya adalah filosofi yang menarik. Mereka adalah cerminan dari sifat unik manusia, yang memiliki kemampuan untuk belajar dari pengalaman, dan menjadi manusia yang lebih baik setelahnya.


Menangislah bila harus menangis

Karena kita semua manusia

Manusia bisa terluka

Manusia pasti menangis

Dan manusia pun bisa mengambil hikmah

--(Dewa - Air Mata)

17 komentar:

etta chan mengatakan...

pertamax dulu

etta chan mengatakan...

euuh iya bener bgt , pengalaman adalah guru terbaek . btw ni postingan bijak amat. ckckc dasar anak itb

Pesut Amphibi mengatakan...

wow, 2x post tentang filsuf hidup, hebat kau nak *mirit2 jenggot*

terus maju bro, kita adalah bangsa Saiya...

tapi gwa gak mau jadi King Kong pas ngeliat bulan purnama, loe aja deh...

Luthfi mengatakan...

Wek..

Tulisannya keren.

Pengen juga jadi orang saiya soalnya rambutnya ga panjang2 jadi ga perlu ke tukang cukur. Hehehe.

Kadang kita harus menangis dulu untuk tertawa.

Salam kenal

Shintung mengatakan...

loe lagi patah hati ya oom?

Paams mengatakan...

orang saiya itu apaan? *nyengir inosen*
gw tau ujian itu bikin makin kuat huhuhuhuhuhu...
lagi banyak merenung kep?

si dede jadul punya mengatakan...

BENER!
semakin sering kita ditonjok, bersyukurlah, karna tu akan membuat diri kita kuat..
CIAAAAAAAAATT!
ayo! tonjok gw! neh! tonjok neh!

Patung Pancoran mengatakan...

@etta chan
makanya, masup itebe. hweheheh

@pesut alias akhmad
Wina buat gw ya.. eh, sori, salah ketik.

kalo gw sih gak suka ngeliat bulan purnama, gw sukanya ngeliat bulan jameelah.. eh, itu mulan ya... :p

@luthfi
bethul bethul

salam kenal

@shintung
koq tau!???? O_o;

@paams
begitulah paams
sedang mencari jati diri yang hilang menggelinding ke sudut hati. halah..

@si dede jadul punya
lo kebanyakan denger lagunya britney spears ya? "hit me baby one more time~"

hahaha..

Shintung mengatakan...

ahhhh...

katauan banget...

postingan orang yang lagi merenung... patah hati..hihi.

huahahhahahaa

*habis masuk SMA, gw jadi makin bijak, jadi harworking, karna dalam hidup ternyata banyak banget halangannya*

lala mengatakan...

dua kali ketemu si patung pancoran.. teuteup belum sempet haha hihi...
nice to see you lah... mana postingan kopdarnya iyh... dan potonyah???

muni's words mengatakan...

wuiihh.. kali ini pilosopis banget yack.

kemaren gak sempet kenalan langsung nih. gw juga gak dipoto.. *alah.

main2 yo ke blog gw. :D

tammi prasetyo mengatakan...

ahh akhirnya postingan saiya! :)

gue ngerti konsep yang guyuran pertama terasa dingin tapi yang kedua mulai terbiasa

menikmati rasa sakit itu membuat kita jadi kebal dan bebal.

kemaren emg lg masa2 desperate gue...
tapi sekarang gw lg masa2 setelah terjatuh, perlahan-lahan bangkit berdiri walau tersuruk2..
haiahahaha

yep thank youu ya bos!

presy__L mengatakan...

setujuh !!!
kita harus belajar terus buat jadi orang "kuat"

Gabriella Alodia mengatakan...

setujuu!
gak nyangka pengahayatan kehidupan sedalam itu bisa dikaitkan dengan Bangsa Saiya dari Dragon Ball.. hiks.. hiks.. *berlebihan
semoga kehidupan jadi lebih baaiiiik!!

Patung Pancoran mengatakan...

@shintung
begitulah

shit happens, shin..

@lala
hohoho..
ini lagi dibikin postingannya

duwh, kenapa nge-upload gambar lama sekaliiii

@muni (duit? eh, itu money ya..)
kalo sama gw gak usah malu2
next time langsung ajak kenalan aja
mau minta tanda tangan juga boleh
hahaha..

@tammi
u r welkom, tammi
salam buat ridwan ya

@presyl
bethul
harus kuat lahir batin
apalagi cowok, harus kuat staminanya
halah.. apa sih gw..

@gabriella alodia(alokamu sama alosaya mana? *maap, jayus)
hahaha.. dia malah nyanyi..

vdhot will get mad !! mengatakan...

yang tabah aja,,,,
sabarrrrrrrrrr,,,,
vika tau dr shintung,,gy pth ati y?? wgwgwgwgwg

gabriellatupeirissa mengatakan...

Wow.. Ternyata kita bisa ngambil filosolfi hidup tuh dari mana aja y, dari kartun pun bisa.
Hidup itu seperti "daily activity yang kita lakukan di toilet" kadang lancar-lancar dan berjalan mulus, kadang tersendat-sendat dan keras. Tapi ada pepaya supaya kita makan dan efeknya jadi lancar. Sama kaya hidup ada hubungan khusus dengan Tuhan supaya kita nikmati, efeknya tambah lancar hidup ini. Zzzzz... garing. Tapi keren kn?!
Apaan sih saya, SKSD banget. Hehe. Yasudade.

Saya, Gabriel.